Tujuan dan Fungsi Koperasi
Nama : Desi Nataliani
Kelas : 2EB26
NPM : 28211139
Badan Usaha
Koperasi menurut
UU No.25,1992 adalah badan usaha yang
tetap tunduk pada aturan prinsip ekonomi yang berlaku. Koperasi mampu
menghasilkan keuntungan dan mengembangkan organisasi dan usahanya. Ciri
utamanya adalah pada sifat keanggotaannya. Pengelolaan koperasi sebagai badan
usaha dan unit ekonomi rakyat memerlukan system manajemen usaha (keuangan,
teknik, organisasi dan informasi) dan system keanggotaan ( membership system).
Tujuan dan Nilai Koperasi
Tujuan Koperasi:
Memaksimumkan Keuntungan, yaitu kegiatan yang dilakukan guna mencapai
laba/keuntungan yang maksimum.
Memaksimumkan Nilai Perusahaan,
yaitu membuat kualitas perusahaan bernilai tinggi dan mencapai tingkat
maksimal.
Meminimumkan Biaya, yaitu
kegiatan yang dilakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal dan keuntungan
yang besar dengan biaya yang minimum.
Nilai Koperasi:
Nilai koperasi adalah nilai
egaliterian, kesamaan, kekeluargaan, self help, peduli terhadap sesama dan
kemandirian salah satunya. Koperasi indonesia berangkat dari nilai koletivisme
yang tercermin dengan budaya gotong royong.
Tujuan Perusahaan Koperasi
- Theory of the firm; perusahaan perlu menetapkan tujuan:
-
Mendefinisikan organisasi
-
Mengkoordinasi keputusan
-
Menyediakan norma
-
Sasaran yang lebih nyata
Tujuan perusahaan : Maximize profit, maximize the value of the firm, minimize cost.
Tujuan perusahaan : Maximize profit, maximize the value of the firm, minimize cost.
- Koperasi
-
Berorientasi pada profit oriented & benefit
oriented
-
Landasan operasional didasarkan pada pelayanan (service
at a cost)
-
Memajukan kesejahteraan anggota merupakan
prioritas utama (UU No. 25, 1992)
-
Kesulitan utama pada pengukuran nilai benefit
dan nilai perusahaan
Kontribusi Teori Bisnis
- Maximization of sales (William Banmoldb): usaha yang dilakukan untuk memaksimumkan penjualan setelah keuntungan yang diperoleh telah memuaskan para pemegang saham.
- Maximization of management utility (Oliver Williamson): penerapan pemisahan pemilik dan manajemen (separation of management from ownership) dan maksimalisasi penggunaan manajemen.
- Satisfying Behaviour (Herbert Simon): diperlukan adanya perjuangan dan usaha keras dari pihak manajemen untuk memuaskan beberapa tujuan yang telah ditentukan, seperti sales, growth, market share, dll.
Teori Laba
Konsep laba
dalam koperasi adalah Sisa Hasil Usaha (SHU): semakin tinggi partisipasi
anggota, maka semakin tinggi manfaat yang diterima. Tingkat laba pada setiap
perusahaan biasanya berbeda pada setiap jenis industry. Beberapa teori menerangkan perbedaan ini sebagai berikut:
- Teori laba dalam menghadapi resiko : Menurut teori ini, hasil laba ekonomi di atas normal dibutuhkan oleh perusahaan untuk masuk dan bertahan di beberapa bidang seperti eksplorasi minyak yang memiliki resiko di atas rata-rata.
- Teori laba kerena pergesekan : Teori ini menekankan bahwa laba timbul akibat pergesekan atau gangguan dari keseimbangan jangka panjang. Jadi, dalam jangka panjang, pada keseimbangan persaingan sempurna, perusahaan cenderung menghasilkan laba normal saja (yang telah disesuaikan dengan risiko) atau laba(ekonomi) nol dari investasinya.
- Teori Laba Monopoli : Perusahaan dengan kekuatan monopoli dapat membatasi output dan menekankan harga yang lebih tinggi daripada bila perusahaan beroperasi dalam kondisi persaingan sempurna.
- Teori Inovasi (Innovation theory of profit): Perolehan laba yang maksimal karena adanya keberhasilan organisasi dalam melakukan inovasi terhadap produknya.
- Teori laba efisiensi manajerial (Managerial Efficiency Theory of profit): Organisasi yang dikelola dengan efisien akan meraih laba di atas rata-rata laba normal.
Fungsi Laba
Laba yang tinggi adalah pertanda
bahwa konsumen menginginkan output yang lebih dari industry/perusahaan.
Sebaiknya, laba ynag rendah atau rugi adalah pertanda bahwa konsumen
menginginkan kurang dari produk/ komoditi yang ditangani dan metode produksinya
tidak efisien.
Ditinjau dari konsep koperasi, fungsi laba
bagi koperasi tergantung pada besar kecilnya partisipasi ataupun transaksi
anggota dengan koperasinya. Semakin tinggi partisipasi anggota, maka idealnya
semakin tinggi manfaat yang diterima oleh anggota
Kegiatan Usaha Koperasi
- Key success factors kegiatan usaha koperasi :
-
Status
dan motif anggota koperasi
-
Bidang usaha (bisnis)
-
Permodalan Koperasi
-
Manajemen Koperasi
-
Organisasi Koperasi
-
Sistem Pembagian Keuntungan (Sisa Hasil Usaha).
a. Status dan Motif Anggota Koperasi
Anggota
koperasi adalah orang-orang atau badan hkum koperasi yang mempunyai
kepentingaan ekonomi yang sama sebagai pemilik dan sekaligus pengguna jasa,
berpartisipasi aktif untuk memngaembangkan usaha koperasi serta terdaftar dalam
buku daftar anggota.
Status anggota koperasi sebagia badan usaha
adalah sebagia pemilik (owner) dan sebagai pemakai (users).
b. Kegiatan Usaha
Usaha
yang berkaitan langsung dengan kepentingan anggota untuk meningkatkan
kesejahteraan anggota.
c. Permodalan Koperasi
- UU 25/992 pasal. 41; Modal koperasi terdiri atas
modal sendiri dan modal pinjaman (luar).
- Modal Sendiri ; simpanan pokok anggota, simpanan
wajib, dana cadangan, donasi atau dana hibah.
- Modal Pinjaman; bersumber dari anggota, koperasi
lain dan atau anggotanya, bank dan lembaga keuangan lainnya, penerbitan
obligasi dan surat hutang lainnya dan sumber lainnya yang sah.
d. Sisa Hasil Usaha Koperasi
pendapatan koperasi yang
diperoleh dalam satu tahun buku setelah dikurangi dengan biaya-biaya dan
kewajiban juga pajak dalam periode tahun buku yang bersangkutan.
Sumber:
http://shintaprastantidewi.blogspot.com/2011/10/tujuan-dan-nilai-koperasi.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Laba_usaha
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/09/koperasi-sebagai-badan-usaha-12/
http://shintaprastantidewi.blogspot.com/2011/10/tujuan-dan-nilai-koperasi.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Laba_usaha
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/09/koperasi-sebagai-badan-usaha-12/
ahim.staff.gunadarma.ac.id
– BAB 4. Tujuan dan Fungsi Koperasi.
https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:vK-3fEHUtIoJ:ahim.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/9894/Ekop%2BBab%2BIV.Tujuan%2B%2526%2BFungsi%2BKoperasi.ppt+tujuan+dan+nilai+koperasi&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEESgctuQEmnO2duJKyKRmJymM-LOD7LxAg3tpF2owcK5OVY7oX6VlATGWfK4ymbgXiNUoUzDF4Yy8MlIyvzHYxeBoF0C-ir-4erFZLqjb9lTyybB4prgD9coR3C2UH0svYN2W3m34&sig=AHIEtbRm3AdhhrHgvaSR6qXvGkJS9uvPgQ
Tidak ada komentar:
Posting Komentar