Rabu, 05 November 2014

Sejarah Singkat Perusahaan Bre-x Mineral

     Bre-X Minerals Ltd., anggota Kelompok perusahaan Bre-X, adalah sebuah perusahaan tambang Kanada yang pernah dilaporkan menguasai sebuah cadangan emas yang sangat besar di Busang, Kalimantan. Pertemuan pertama dua masterminds yang di kemudian hari membuat sejarah yang mencengangkan dunia terjadi pada 1983 yaitu antara David Walsh dan John B. Felderhof. Ketika bertemu dengan Walsh, Federhof sudah 20 tahun malang-melintang di berbagai medan eksplorasi dunia, dari Quebec hingga Afrika Selatan, dan terakhir di pedalaman Kalimantan. Pengalaman Michael De Guzman (salah satu dari anggota kelompok perusahaan Bre-x) mengenai mineralisasi yang berhubungan erat dengan kompleks-kompleks diatrema dan diatrema maar-kawah maupun diatrema maar-kubah, khususnya  di tambang Acupan dan tambang-tambang lainnya di daerah Baguio, Filipina, dianggap merupakan pengalaman yang menguntungkan bagi Bre-X. Apalagi karena sejak 1987 ia sudah berada di berbagai pelosok Kalimantan bersama Federhof, Bre-X tampaknya tinggal menuai saja dari kekayaan pengalaman De Guzman.

    Bre-X membeli situs Busang pada Maret 1993 dan pada Oktober 1995 mengumumkan telah menemukan emas dalam jumlah yang sangat besar, sehingga menyebabkan harga sahamnya membubung tinggi. Harga saham Bre-X pada minggu ketiga Juli 1996 itu berada pada level C$24.80 per lembar. Pada level harga tersebut, kapitalisasi pasar Bre-X sudah mencapai C$5,7 milyar, atau AS$4,2 milyar. Setahun sebelumnya harga saham baru mencapai level C$2.65.

     Cadangan emas di Busang dilaporkan sebesar 200 juta ounces (6.200 ton), atau sama dengan 8% dari seluruh cadangan dunia. Namun, ternyata ini adalah penipuan besar-besaran, dan di sana tidak ada emas. Sampel-sampel utamanya telah dipalsukan dengan menaburkannya dengan emas dari luar. Sebuah laboratorium independen belakangan mengklaim bahwa penipuan itu telah dilakukan dengan buruk, termasuk dengan menggunakan pengerokan dari perhiasan emas. Pada 1997, Bre-X runtuh dan sahamnya menjadi tidak bernilai dalam skandal saham terbesar dalam sejarah Kanada. Bre-X akhirnya dinyatakan bangkrut pada 2002 meskipun sejumlah perusahaan subsidernya seperti Bro-X berlanjut hingga 2003.


     Di Calgary, kantor bre-X yang menempati sebuah gedung sederhana berlantai empat itu, sudah mulai dijaga ketat oleh petugas-petugas keamanan. Kota Calgary dibelah oleh Sungai Blow. Di sebelah selatan sungai itu adalah pusat kota dengangedung-gedung jangkung merupakan bagian elit dari kota Calgary. Sedangkan bagian utara adalah bagian yang lebih bersifat residential. Kantor Bre-X di 119 14th Street NW berada di bagian yang kurang elit itu, banyak pialang saham yang mulai resah atas kebangkrutan perusahaan Bre-X minerals yang membuat banyak kerugian atas pembelian saham di perusahaan tersebut. Diantaranya Caisse,mengaku menderita kerugian sebesar C$70juta. Ontario Teachers merugi C$100juta, atau sekitar 0,2% dari total aktivanya. Sedangkan Ontario Municipal kehilangan  C$45 juta atau sekitar 0,17% dari kekayaannya.


~~ Tugas Softskill ~~
Desi Nataliani
4EB26
28211139






Sumber : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar