Kelas : 2EB26
NPM : 28211139
Peranan Koperasi
Berdasarkan sifat dan bentuknya, pasar dapat diklasifikasikan menjadi 2 macam:
- Pasar dengan Persaingan Sempurna ( Perfect Competitive Market )
- Pasar dengan Persaingan Tak Sempurna ( Imperfect Competitive Market ), yaitu: Monopoli, Persaingan Monopolistik dan Oligopoli.
ciri-ciri pasar persaingan sempurna:
- Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak
- Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen)
- Perusahaan bebas untuk masuk dan keluar
- Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna
ciri-ciri pasar monopolistik:
- Banyak penjual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
- Produk yang dihasilkan tidak homogen
- Ada produk substitusinya
- Keluar atau masuk ke industri relatif mudah
- Harga produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya
ciri-ciri pasar monopsoni:
- Banyak penjual atau pengusaha tetapi hanya ada satu pembeli
Peranan Koperasi dalam Pasar Oligopoli
- Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan (penjual) yang menguasai pasar
- Dua strategi dasar untuk koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan non harga
Sumber:
http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=4&cad=rja&ved=0CEkQFjAD&url=http%3A%2F%2Fwidiyarsih.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F32967%2FEKOP-%2BBab%2B11.%2BPERANAN%2BKOPERASI.ppt&ei=YljxUOS7MI2BkwWa9oDgBg&usg=AFQjCNGFS42v9ap8p15E3n4GoQb-O2hRTQ&bvm=bv.1357700187,d.bmk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar