Sabtu, 12 Januari 2013

Peranan Koperasi

Nama : Desi Nataliani
Kelas : 2EB26
NPM : 28211139

Peranan Koperasi

Berdasarkan sifat dan bentuknya, pasar dapat diklasifikasikan menjadi 2 macam:
  1. Pasar dengan Persaingan Sempurna ( Perfect Competitive Market )
  2. Pasar dengan Persaingan Tak Sempurna ( Imperfect Competitive Market ), yaitu: Monopoli, Persaingan Monopolistik dan Oligopoli.
Peranan Koperasi dalam Pasar Persaingan Sempurna
ciri-ciri pasar persaingan sempurna:
  • Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak
  • Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen)
  • Perusahaan bebas untuk masuk dan keluar
  • Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna
Peranan  Koperasi dalam Pasar Monopolistik
ciri-ciri pasar monopolistik:
  • Banyak penjual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
  • Produk yang dihasilkan tidak homogen
  • Ada produk substitusinya
  • Keluar atau masuk ke industri relatif mudah
  • Harga produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan  penjualnya
Peranan Koperasi dalam Pasar Monopsoni
ciri-ciri pasar monopsoni:
  • Banyak penjual atau pengusaha tetapi hanya ada satu pembeli

Peranan Koperasi dalam Pasar Oligopoli
  •  Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan (penjual) yang menguasai pasar
  • Dua strategi dasar untuk koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan non harga
Gambar dibawah digunakan untuk menghindari perang harga, perusahaan akan mengadakan product defferentiation dan memperluas pasar dengan cara melakukan kegiatan advertensi, membedakan mutu dan bentuk produk.











Sumber:
http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=4&cad=rja&ved=0CEkQFjAD&url=http%3A%2F%2Fwidiyarsih.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F32967%2FEKOP-%2BBab%2B11.%2BPERANAN%2BKOPERASI.ppt&ei=YljxUOS7MI2BkwWa9oDgBg&usg=AFQjCNGFS42v9ap8p15E3n4GoQb-O2hRTQ&bvm=bv.1357700187,d.bmk



Tidak ada komentar:

Posting Komentar